Rabu, 07 September 2016

Terjemahan Matan Al-Ghyah Wat-Taqrib Bagian 10





√ NISHAB ZAKAT EMAS DAN PERAK





《فصل》 ونصاب الذهب عشرون مثقالا وفيه ربع العشر وهو نصف

《Fashal》 dan Nisab emas adalah dua puluh miskal atau sembilan puluh enam gram dan dalam jumlah ini zakatnya seperempatnya sepersepuluh yaitu dua koma lima persen adalah sama dengan setengah

مثقال وفيما زاد بحسابه ونصاب الورق مائتا درهم وفيه ربع العشر

miskal. Dan dalam kelebihannya di zakati menurut perhitungannya. Dan Nisab perak adalah dua ratus dirham dan dalam jumlah ini zakatnya seperempatnya sepersepuluh yaitu dua koma lima persen

وهو خمسة دراهم وفيما زاد بحسابه ولا تجب في الحلي المباح زكاة.

adalah lima dirham. Dan dalam kelebihannya di zakati menurut perhitungannya. Dan tidak wajib dalam barang-barang perhiasan yang boleh di zakati.

√ NISHAB ZAKAT HASIL PERTANIAN

《فصل》 ونصاب الزروع والثمار خمسة أوسق وهي : ألف وستمائة رطل

《Fashal》 dan Nisah hasil pertanian dan buah-buahan itu lima ausuq yaitu seribu enam ratus ukuran timbangan

بالعراقي وفيما زاد بحسابه وفيها إن سقيت بماء السماء

dengan timbangan negeri Irak. Dan dalam kelebihannya di zakati menurut perhitungannya. Dan untuk jumlah lima ausuq tersebut, jika diairi dengan air hujan

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 17

أو السيح العشر وإن سقيت بدولاب أو نضح نصف العشر.

atau air sungai yang mengalir sendiri kesawah, maka zakatnya sepersepuluhnya atau sepuluh persen. Dan jika diairi dengan air sungai yang ditimba atau dengan penyiram yang digerakkan oleh tenaga binatang, maka zakatnya setengah dari sepersepuluh yaitu lima persen.

√ NISHAB ZAKAT HARTA DAGANGAN

《فصل》 وتقوم عروض التجارة عند آخر الحول بما اشتريت به

《Fashal》 dan mulai menghitung barang-barang dagangan ketika akhir tahun dengan harga barang-barang yang telah dibeli dengannya.

ويخرج من ذلك ربع العشر وما استخرج من معادن الذهب والفضة

Dan wajiblah dikeluarkan dari harga barang-barang itu jika telah mencapai nisabnya maka zakatnya seperempatnya sepersepuluh yaitu dua koma lima persen. Dan apa yang telah di keluarkan dari tambang emas dan perak

يخرج منه ربع العشر في الحال وما يوجد من الركاز ففيه الخمس.

harus dikeluarkan zakat darinya seperempatnya sepersepuluh yaitu dua koma lima persen seketika itu juga. Dan apa yang didapat dari barang-barang yang  terpendam dari jaman jahiliyah zakatnya adalah seperlima.

√ ZAKAT FITRAH

《فصل》 وتجب زكاة الفطر بثلاثة أشياء : الإسلام وبغروب الشمس

《Fashal》 dan wajib zakat fitrah karena tiga perkara : Islam dan terbenamnya matahari

من آخر يوم من شهر رمضان ووجود الفضل عن قوته وقوت عياله

pada hari terakhir bulan Ramadan dan adanya keutamaan dari makanan keluarganya

في ذلك اليوم. ويزكي عن نفسه وعمن تلزمه نفقته من المسلمين

pada hari itu. Dan mengeluarkan zakat dari dirinya sendiri dan dari orang yang wajib dinafkahinya dari seorang muslim

صاعا من قوت بلده وقدره خمسة أرطال وثلث بالعراقي.

dengan mengeluarka satu sok dari kekuatan Negaranya. Dan perkiraannya lima lebih sepertiaga kati dengan Negara Irak.

√ ORANG YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT

《فصل》 وتدفع الزكاة إلى الأصناف الثمانية الذين ذكرهم الله تعالى

《Fashal》 dan zakat harus diberikan kepada delapan golongan yang telah disebutkan oleh Allah

في كتابه العزيز في قوله تعالى : 《إنما الصدقات للفقراء والمساكين

di dalam kitab sucia-Nya dalam firmannya : 《Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin,

والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفي الرقاب والغارمين وفي سبيل الله

pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah

وابن السبيل》 وإلى من يوجد منهم ولا يقتصر على أقل من ثلاثة

dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan》 Dan kepada siapa saja yang bisa didapat dari mereka ini yang harus diberikan zakat, jika tidak bisa didapat kesemuanya, maka sedikitnya tidak boleh kurang dari tiga orang

من كل صنف إلا العامل.وخمسة لا يجوز دفعها إليهم : الغني بمال

dari setiap golongan kecuali amil dan lima orang yang tidak boleh diberikan kepada mereka : orang yang kaya dengan harta

أو كسب والعبد وبنو هاشم وبنو المطلب والكافر زمن تلزم المزكي

atau pencaharian dan hamba sahaya dan Bani Hasyim dan Bani Mutalib dan orang waktu kafir. Dan wajib memberikan zakat

نفقته لا يدفعها إليهم باسم الفقراء والمساكين.

orang  yang di nafkahinya, maka tidak boleh zakat itu diberikan kepada mereka dengan nama fakir miskin.

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 18

Wallahu A'lam Bish-Showab

Tidak ada komentar: