Selasa, 06 September 2016
Terjemahan Matan Al-Ghyah Wat-Taqrib Bagian 06
√ HAL-HAL SHALATNYA WANITA YANG BERBEDA DENGAN SHALATNYA LAKI-LAKI
《فصل》 والمرأة تخالف الرجل في خمسة أشياء : فالرجل يجافي
《Fashal》 dan shalat wanita berbeda dengan laki-laki dalam lima perkara : laki-laki merenggangkan
مرفقيه عن جنبيه ويقل بطنه عن فخذيه في الركوع والسجود
kedua sikutnya dari lambungnya. Dan laki-laki mengangkat perut dari kedua pahanya dalam ruku' dan sujud.
ويجهر في موضع الجهر وإذا نابه شيء في الصلاة سبح وعورة الرجل
Dan laki-laki mengeraskan suara dalam tempat yang dianjurkan mengeraskan suara. Dan apabila imam melakukan suatu kesalahan dalam shalat, maka makmum laki-laki mengucapkan SUBHANALLAH. Dan aurat laki-laki
ما بين سرته وركبته.والمرأة تضم بعضها إلى بعض وتخفض صوتها
antara pusar dan lutut. Dan wanita merekatkan sikunya satu sama lain. Dan wanita merendahkan suaranya
بحضرة الرجال الأجانب وإذا نابها شيء في الصلاة صفقت وجميع
di hadapan laki-laki ajnabi. Dan apabila imam melakukan suatu kesalahan dalam shalat, makmum wanita menepukkan kedua tangannya. Dan seluruh
بدن الحرة عورة إلا وجهها وكفيها والأمة كالرجل.
badan wanita merdeka bukan budak adalah aurat kecuali wajah dan telapak tangan. Dan budak perempuan auratnya seperti laki-laki.
√ PERKARA YANG MEMBATALKAN SHALAT
《فصل》 والذي يبطل الصلاة أحد عشر شيئا : الكلام العمد والعمل
《Fashal》 dan yang membatalkan shalat ada sebelas perkara : perkataan yang bermaksud sengaja. Dan melakukan gerakan
الكثير والحدث وحدوث النجاسة وانكشاف العورة وتغيير النية
yang banyak. Dan Hadats. Dan adanya najis. Dan terbukanya aurat. Dan berubahnya niat.
واستدبار القبلة والأكل والشرب والقهقهة والردة.
Dan membelakangi kiblat. Dan makan. Dan minum. Dan tertawa terbahak-bahak. Dan keadaan murtad.
√ JUMLAH RAKA'AT SHALAT FARDHU
《فصل》 وركعات الفرائض سبعة عشر ركعة : فيها أربع وثلاثون
《Fashal》 Dan jumlah raka'at shalat fardhu ada tujuh belas raka'at yaitu : tiga puluh empat
سجدة وأربع وتسعون تكبيرة وتسع تشهدات وعشر تسليمات ومائة
dalam sujud. Dan sembilan puluh empat dalam takbir. Dan sembilan dalam tahiyat. Dan sepuluh dalam salam. Dan seratus
وثلاث وخمسون تسبيحة. وجملة الأركان في الصلاة مائة وستة
lima puluh tiga dalam tasbih. Dan jumlah rukun dalam shalat ada seratus dua puluh
وعشرون ركنا : في الصبح ثلاثون ركنا وفي المغرب اثنان وفي المغرب
enam rukun yaitu : dalam shalat subuh tiga puluh rukun. Dan dalam shalat maghrib ada dua rukun. Dan dalam shalat maghrib
اثنان وأربعون ركنا وفي الرباعية أربعة وخمسون ركنا. ومن عجز
yang dua rukun ada empat puluh dua rukun. Dan dalam shalat empat raka'at ada lima puluh empat rukun. Dan barangsiapa yang tidak mampu
عن القيام في الفريضة صلى جالسا ومن عجز عن الجلوس صلى
dari berdiri dalam shalat fardhu, maka boleh shalat duduk. Dan barangsiapa yang tidak mampu dari duduk, maka boleh shalat
مضطجعا.
dengan berbaring.
√ PERKARA YANG TERTINGGAL DALAM SHALAT
《فصل》 والمتروك من الصلاة ثلاثة أشياء : فرض وسنة وهيئة.
《Fashal》 dan yang ketinggalan dari shalat ada tiga perkara yaitu fardhu dan sunnah dan hai'ah.
فالفرض لا ينوب عنه سجود السهو بل إن ذكره والزمان قريب
Maka jika fardhu yang tertinggal tidak perlu mengganti dari ketinggalannya itu dengan sujud sahwi. Apabila karena lupa dalam pikirannya dan pada waktu yang dekat
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 10
أتى به وبنى عليه وسجد للسهو. والسنة لا يعود إليها بعد التلبس
datang dengan pikirannya, maka harus membangun mendirikan atas sesuatu yang lupa untuk melakukan sujud sahwi. Dan sunnah yang tertinggal padanya setelah kacaunya pikiran, maka tidak perlu mengulangi
بالفرض لكنه يسجد للسهو عنها. والهيئة لا يعود إليها بعد تركها
dengan yang fardhu, tapi hanya melakukan sujud sahwi darinya. Dan Hai'ah yang tertinggal tidak perlu mengulangi kepadanya setelah meninggalkannya
ولا يسجد للسهو عنها وإذا شك في عدد ما أتى به من الركعات بنى على
dan tidak melakukan sujud sahwi darinya. Dan apabila ragu-ragu dalam jumlah raka'at shalat, maka lakukan apa yang datang dengannya dari raka'at yang bangun atas
اليقين وهو الأقل وسجد للسهو. وسجود السهو سنة ومحله قبل السلام.
keyakinan yaitu yang paling sedikit dan harus melakukan sujud sahwi. Dan pada tempatnya yang dilakukan sebelum salam.
√ WAKTU YANG TIDAK BOLEH MELAKUKANNSHALAT SUNNAH
《فصل》 وخمسة أوقات لا يصلى فيها إلا صلاة لها سبب : بعد صلاة
《Fashal》 dan ada lima waktu yang tidak boleh melakukan shalat kecuali shalat yang memiliki sebab yaitu : setelah shalat
الصبح حتى تطلع الشمس وعند طلوعها حتى تتكامل وترتفع قدر رمح
subuh sampai terbit matahari dan ketika terbit matahari sampai sempurna dengan lengkap dan naik sekitar satu tombak
وإذا استوت حتى تزول وبعد صلاة العصر حتى تغرب الشمس وعند
dan jika matahari tepat di tengah sampai condong dan setelah shalat ashar sampai matahari terbenam dan ketika
الغروب حتى يتكامل غروبها.
matahari terbenam sampai sempurna terbenamnya.
√ HUKUM SHALAT BERJAMA'AH
《فصل》 وصلاة الجماعة سنة مؤكدة وعلى المأموم أن ينوي الائتمام
《Fashal》 dan shalat berjama'ah hukumnya sunnah mu'akkad. Dan atas makmum harus berniat menjadi makmum dan imam
دون الإمام ويجوز أن يأتم الحر بالعبد والبالغ بالمراهق ولا تصح قدوة
tidak wajib niat menjadi imam. Dan boleh orang yang merdeka bermakmum dengan budak dan orang baligh dengan orang yang belum baligh. Dan tidak sahcontoh tauladan
رجل بامرأة ولا قارئ بأمي وأي موضع صل في المسجد بصلاة الإمام
laki-laki bermakmum dengan wanita dan orang yang pintar membaca Al-Qur'an dengan orang yang buta huruf. Dan makmum boleh shalat di tempat manapun dari posisi imam di masjid dengan shalatnya imam
فيه وهو عالم بصلاته أجزأه ما لم يتقدم عليه، وإن صلى في المسجد
didalamnya dan di ketahui dengan shalatnya imam telah mencukupinya selagi makmum tidak mendahului imam atas gerakan shalat imam. Dan apabila imam shalat di masjid
والمأموم خارج المسجد قريبا منه وهو عالم بصلاته ولا حائل هناك جاز.
dan makmum di luar masjid yang dekat dari masjid dan imam tahu atas halat makmum dan tidak ada penghalang antara keduanya hukumnya boleh.
√ SYARAT SHALAT QASHAR UNTUK MUSAFIR
《فصل》 ويجوز للمسافر قصر الصلاة الرباعية بخمس شرائط :
《Fashal》 dan boleh musafir untuk mengqashar shalat yang empat rakaat menjadi dua raka'at dengan lima syarat :
أن يكون سفره في غير معصية. وأن تكون مسافته ستة عشر فرسخا.
dan ketika ada perjalanan yang bukan dalam perjalanan maksiat. Dan ada perjalanan yang jarak ditempuh mencapai enam belas farsakh.
وأن يكون مؤديا للصلاة الرباعية. وأن ينوي القصر مع
Dan ada perjalanan yang sampai pada shalat empat raka'at. Dan adal dalam perjanan ketika mengerjakan shalat yang emapat raka'at maka Niat qashar bersama
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 11
الإحرام. وأن لا يأتم بمقيم.
takbiratul ihram. Dan tidak bermakmum pada orang yang mukim.
√ SHALAT JAMA' UNTUK MUSAFIR
ويجوز للمسافر أن يجمع بين الظهر والعصر في وقت أيهما شاء وبين
Dan boleh pada musafir untuk menjamak antara shalat dzuhur dan ashar dalam satu waktu yang mana saja dan antara
المغرب والعشاء في وقت أيهما شاء، ويجوز للحاضر في المطر أن يجمع
shalat maghrib dan isya' di waktu mana saja yang disukai. Dan boleh pada orang yang hadir dalam keadaan hujan untuk menjamak shalat
بينهما في وقت الأولى منهما.
dianta keduanya dalam waktu yang pertama dari keduanya.
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 12
Wallahu A'lam Bish-Showab