Minggu, 11 September 2016
Terjemahan Matan Al-Ghyah Wat-Taqrib Bagian 20
√ HUKUM ISTIBRA'
《فصل》 ومن استحدث ملك أمة حرم عليه الاستمتاع بها حتى
《Fashal》 dan barangsiapa yang mulai memiliki budak perempuan dengan cara membeli, maka haram atas budak perempuannya untuk bersenag-senang dengan budak perempuan sehingga
يستبرئها إن كانت من ذوات الحيض بحيضة وإن كانت من ذوات
budak perempuan itu melakukan istibra'. Jika budak perempuan itu termasuk dari wanita haidh, maka dengan satu kali haidh. Dan jika budak perempuan itu termasuk dari
الشهور بشهر فقط وإن كانت من ذوات الحمل بالوضع وإذا مات
menghitung bulan, maka 'iddahnya dengan satu bulan saja. Dan jika budak perempuan itu termasuk dari wanita hamil, maka 'iddahnya dengan melahirkan. Dan jika meninggal dunia
سيد أم الولد استبرأت نفسها كالأمة.
majikan ummu walad, maka 'iddahnya wajib iatibra' pada dirinya seperti budak perempuan.
√ SUSUAN
《فصل》 وإذا أرضعت المرأة بلبنها ولدا صار الرضيع ولدها بشرطين
《Fashal》 dan jika seorang wanita menyusui seorang anak dengan susunya, maka anak yang ia susui menjadi anak susuan dengan dua syarat yaitu :
أحدهما أن يكون له دون الحولين والثاني أن ترضعه خمس
Pertama : jika ada usia anak itu kurang dari dua tahun. Dan kedua : jika wanita yang menyuauinya sebanyak lima kali
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 35
رضعات متفرقات ويصير زوجها أبا له ويحرم على المرضع التزويج
susuan yang di pisahkan dan suaminya wanita yang telah menyusui menjadi ayah padanya. Dan anak yang di suaui hukumnya haram atas menikahi wanita yang menyusui
إليها وإلى كل من ناسبها ويحرم عليها التزويج إلى المرضع وولده دون
kepadanya. Dan kepada setiap wanita dari hubungan nashab dengan ibu susunya, maka wanita yang menyusui hukumnya haram atasnya menikah pada anak yang disusui. Dan anaknya bukan
من كان في درجته أو أعلى طبقة منه.
orang yang ada dalam derajatnya atau orang yang se atasnya dan bukan orang yang tingktan lebih atas darinya.
√ HUKUM NAFKAH ORANG TUA DAN ANAK
《فصل》 ونفقة العمودين من الأهل واجبة للوالدين والمولودين فأما
《Faahal》 dan nafaqah orang tua dan anak dari jalur keluarga hukumnya wajib kepada anak dan orang tua. Maka adapun
الوالدون فتجب نفقتهم بشرطين الفقر والصغر او الفقر والزمانة أو
seorang anak, maka wajib mereka di beri nafaqah dengan tiga syarat yaitu : fakir dan masih kecil atau fakir dan lumpuh atau
الفقر والجنون
fakir dan gila.
√ NAFKAH BUDAK DAN BINATANG
ونفقة الرقيق والبهائم واجبة ولا يكلفون من العمل ما لا يطيقون
Dan memberi nafaqah kepada budak dan binatang ternak hukumnya wajib. Dan budak dan binatang ternak tidak boleh menyuruh mereka dari melakukan apa yang tidak mampu mereka lakukan.
√ NAFKAH ISTRI
ونفقة الزوجة الممكنة من نفسها واجبة وهي مقدرة فإن كان الزوج
Dan nafaqah untuk istri yang telah memasrahkan dirinya hukumnya wajib bagi suami dan nafkah pada istri adalah dikira-kirakan. Maka jika suami
موسرا فمدان من غالب قوتها ويجب من الأدم والكسوة ما جرت به
orang kaya, maka suami wajib memberikan nafaqah bahan makanan sebanyak dua mud yang diambilkan dari makanan pokok istri. Dan wajib memberikan lauk pauk dan pakaian yang biasa terjadi dengannya
العادة وإن كان معسرا فمد من غالب قوت البلد وما يأتدم به
kebiasaan istri. Dan jika suamo adalah orang miskin, maka wajib memberikan makanan satu mud dari makanan pokok yang biasa di daerah tempat istri dan memberikan lauk pauk yang biasa di konsumsi dengannya
المعسرون ويكسونه وإن كان متوسطا فمد ونصف ومن الأدم
oleh orang-orang miskin dan memberikan pakaian yang biasa di pakai oleh istri. Dan jika suami adalah orang yang tengah-tengah, maka suami wajib memberikan satu mud setengah dari makanan pokok yang menjadi kebiasaan di derah istri dan wajib memberikan lauk pauk
والكسوة الوسط وإن كانت ممن يخدم مثلها فعليه إخدامها
dan memberikan pakaian yang tengah-tengah pada istri. Dan jika istri termasuk orang yang biasa di layani, maka suami wajib mencari pembantu untuk istri.
√ JIKA SUAMI TIDAK MAMPU MENAFKAHI
وإن أعسر بنفقتها فلها فسخ النكاح وكذلك أن أعسر بالصداق
Dan jika suami tidak mampu dengan menafkahinya maka pada istri di bolehkan bersabar, maka juga diperbolehkan merusak nikah dan begitu juga jika suami tidak mampu memberikan maskawin
قبل الدخول.
sebelum menjima' istrinya.
√ MENGASUH ANAK
《فصل》 وإذا فارق الرجل زوجته وله منها ولد فهي أحق بحضانته
《Fashal》 dan jika seorang laki-laki bercerai dengan istrinya dan kepada suami dari kepemilikan anak dari iatrinya, maka istri lebih berhak dengan merawat anaknya.
إلى سبع سنين ثم يخير بين أبويه فأيهما اختار سلم إليه
Hak asuh istri terus berlangsung sampai melewati usia tujuh tahun, kemudian setelah itu, anak yang sudah tamyiz si auruh memilih di antara kedua orang tuanya. Maka mana yang ia pilih, maka anak di serahkan kepadanya.
√ SYARAT MENGASUH ANAK
وشرائط الحضانة سبع العقل والحرية والدين والعفة والأمانة والإقامة
Dan syarat pengasuhan anak ada tujuh yaitu : berakal dan merdeka dan agama dan terhormat dan amanah dan bermuqim di derah anak
والخلو من زوج فإن اختل شرط منها سقطت.
dan sepi dari suami. Maka jika salah satu dari tujuh syaat itu tidak terpenuhi oleh ibu, maka hak asuh anak menjadi gugur.
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 36
Wallahu A'lam Bish-Showab