Kamis, 08 September 2016

Terjemahan Matan Al-Ghyah Wat-Taqrib Bagian 14





√ SYARAT DHAMAN




《فصل》 ويصح ضمان الديون المستقرة في الذمة إذا علم قدرها

《Fashal》 Dan sah menanggung hutang yang masih dalam tanggungan, jika telah diketahui ukurannya.

ولصاحب الحق مطالبة الضامن والمضمون عنه إذا كان الضمان

Dan orang yang memiliki hak boleh meminta kapan saja dari yang menanggung dan yang ditanggung darinya, jika barang yang ditanggung

على ما بينا وإذا غرم الضامن رجع على المضمون عنه إذا كان الضمان

atas apa yang sudah jelas. Dan jika barang itu dirusak dari yang menanggung, maka meminta kembali atas di tanggungan darinya, jika ada yang menanggung

والقضاء بإذنه ولا يصح ضمان المجهول ولا ما لم يجب إلا درك البيع.

mengganti dengan izinnya. Dan tidak sah menanggung tanggungah yang tidak diketahui dan tidak sah menanggung sesuatu yang tidak wajib kecuali dengan praktek seseorang sanggup menanggung harga kepda pembeli jika seandainya barang yang di jual ternyata milik orang.

√ SYARAT KAFALAH

《فصل》 والكفالة بالبدن جائزة إذا كان على المكفول به حق لآدمي.

《Fashal》 dan menanggubg perawatan dengan badan hukumnya boleh jika yang dirawat atas tanggungan dengannya adalah hak Adami.

√ SYARAT KERJASAMA

《فصل》 وللشراكة خمس شرائط أن تكون على ناض من الدراهم

《Fashal》 dan untuk kerja sama ada lima syarat : ketika ada kerja sama dalam uang dari dirham

والدنانير وأن يتفقا في الجنس والنوع وأن يخلطا المالين وأن يأذن

dan dinar. Dan ketika ada kerjasama yang mufakat dalam jenis dan macam. Dan ketika ada kerjasama yang dicampurkan dua harta. Dan jika ada kerjasama saling mengizinkan

كل واحد منهما لصاحبه في التصرف وأن يكون الربح والخسران

pada semua yang lain darinya untuk beroperasi dalam membelanjakan. Dan ketika ada kerjasama untung dan rugi

على قدر المالين ولكل واحد منهما فسخها متى شاء ومتى مات

atas ukuran pada dua harta. Dan setiap pihak dari kedua belah pihak, maka berhak merusak akad kapan saja. Dan ketika meninggal

أحدهما بطلت.

salah satu dari keduanya maka batal.

√ WAKALAH

《فصل》 وكل ما جاز للإنسان التصرف فيه بنفسه جاز له أن يوكل

《Fashal》 Dan setiap apa yang boleh kepada manusia mengerjakan di dalamnya dengan dirinya sendiri, maka dibolehkan kepadanya untuk mewakilkan

أو يتوكل فيه والوكالة عقد جائز ولكل منهما فسخها متى شاء

atau menerima wakil didalamnya. Dan wakalah adalah akad yang boleh dari kedua belah pihak. Dan setiap dari keduanya, maka di bolehkan merusak akad kapan saja yang di kehendakinya.

وتنفسخ بموت أحدهما والوكيل أمين فيما يقبضه وفيما يصرفه

Dan akad wakalah menjadi rusak dengan kematian salah satu dari keduanya. Dan wakil harus bisa dipercaya dalam apa yang diterimanya dan yang akan ditasarufkannya.

ولا يضمن إلا بالتفريط

Dan wakil tidak akan menanggung kecuali dengan kecerobohan.

√ SYARAT WAKALAH DALAM BAI'

ولا يجوز أن يبيع ويشتري إلا بثلاثة شرائط أن يبيع بثمن المثل

Dan wakil tidak boleh menjual atau membeli kecuali dengan tiga syarat : Jika menjual dengan harga yang serupa.

وأن يكون نقدا بنقد البلد ولا يجوز

Dan jika mentasharrufkan harta dengan uang daerah tersebut. Dan tidak boleh

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 24

أن يبيع من نفسه ولا يقر على موكله إلا بإذنه.

untuk menjual dari dirinya dan tidak ditetapkan atas yang mewakilkan kecuali dengan izinnya.

√ SYARAT PENGAKUAN

《فصل》 والمقر به ضربان: حق الله تعالى وحق الآدمي. فحق الله تعالى

《Fashal》 dan pengakuan dengannya ada dua macam : hak Allah dan hak anak adam. Maka hah Allah Ta'ala

يصح الرجوع فيه عن الإقرار به، وحق الآدمي لا يصح الرجوع فيه

disahkan mencabut kembali didalamnya dari pengakuan dengannya. Dan hak adam tidak sah mencabut kembali didalamnya

عن الإقرار به. وتفتقر صحة الإقرار إلى ثلاثة شرائط : البلوغ والعقل

dari pengakuan dengannya. Dan ditentukan sahnya pengakuan pada tiga syarat : baligh dan berakal

والاختيار. وإن كان بمال اعتبر فيه شرط رابع وهو الرشد. وإذا أقر

dan pilihan. Dan jika ada pengakuan yang berhubungan dengan harta, maka ada pertimbangan di dalamnya dengan syarat keempat adalah bimbingan. Dan jika mengakui sesuatu

بمجهول رجع إليه في بيانه ويصح الاستثناء في الإقرار إذا وصله

yang tidak jekas, maka dia harus mencabut kembali kepadanya dalam keterangan. Dan sah dengan pengecualian dalam pengakuan jika disambungkan

به وهو في حال الصحة والمرض سواء.

dengannya adalah dalam keadaan sehat dan sakit sama.

√ HUKUM MEMINJAMKAN SESUATU YANG BERMANFAAT

《فصل》 وكل ما يمكن الانتفاع به مع بقاء عينه جازت إعارته إذا كانت

《Fashal》 dan semua sesuatu yang mungkin ada manfaat dengannya bersama keutuh bendanya, maka boleh meminjamkan ketikan hasilnya bisa terlihat nyata. Jika ada ada yang meminjam

منافعه آثارا وتجوز العارية مطلقة ومقيدة بمدة وهي مضمونة

kemanfatannya harus ada jejaknya. Dan boleh meminjam secara mutlak atau yang bersifat di batasi dengan waktu. Dan pinjaman akan diganti

على المستعير بقيمتها يوم تلفها.

atas orang yang meminjam dengan harganya pada hari rusaknya pinjaman.

√ HUKUM MENGGASHAB HARTA ORANG LAIN

《فصل》 ومن غصب مالا لأحد لزمه رده وأرش نقصه وأجرة مثله

《Fashal》 dan barangsiapa yang menggasap harta orang lain, maka dia wajib mengembalikan dan memenuhi kekurangannya dan ongkos yang serupa.

فإن تلف ضمنه بمثله إن كان له مثل أو بقيمته إن لم يكن له مثل أكثر

Maka jika ia merusakkannya, maka ia herus menanggungnya dengan yang serupa, jika ada pada benda yang serupa atau dengan kalkulasinya jika tidak ada pada benda, maka ambil harga tertinggi

ما كانت من يوم الغصب إلى يوم التلف.

pada suatu yang ada dari hari dia menggasap sampai hari rusak.

√ ASY-AYUF'AH

《فصل》 والشفعة واجبة بالخلطة دون الجوار فيما ينقسم دون

《Fashal》 dan menambah modal hukumnya wajib dengan percapuran yang menyeluruh bukan percampuran yang di batasi dalam urusan barang-barang yang bisa dibagi bukan

ما لا ينقسم وفي كل ما لا ينقل من الأرض كالعقار وغيره بالثمن

barang-barang yang tidak bisa dibgi dan dalam setiap barang tidak berpindah dari pekarangan atau yang lainnya dengan harga

الذي وقع عليه البيع وهي على الفور فإن أخرها مع القدرة عليها بطلت

yang berlaku atas jual beli dan mengambilnya adalah harus segera. Maka jika ia menundanya padahal mampu untuk segera melakukan atasnya, maka batal.

وإذا تزوج شخص امرأة على سقص أخذه الشفيع بمهر المثل وإن كان

Dan jika seseorang menikahi seorang wanita atas maskawin berupa bagian maka syafi' berhak mengambil bagian tersebut sesuai dengan ukuran maskawin yang serupa. Dan jika ada

الشفعاء جماعة استحقوها على قدر الأملاك.

modal secara bersama, maka mereka semua memiliki atas kekuasaan kepemilikan.

√ SYARAT BAGI HASIL

《فصل》 وللقراض أربعة شرائط أن يكون على ناض من الدراهم

《Fashal》 dan untuk bagi hasil ada empat syarat : jika ada atas biadang uang dari dirham

والدنانير وأن يأذن رب المال للعامل في التصرف مطلقا أو فيما

dan dinar. Dan jika di izinkan dari pemilik harta untuk karyawan dalam mentasarufkan secara mutlak atau dalam sesuatu

لا ينقطع وجوده غالبا وأن يشترط له جزءا معلوما من الربح وأن

yang tidak putus wujud pada umumnya. Dan jika pemilik harta mensaratkan padanya, maka bagian yang sudah di ketahui dari untung. Dan jika

لا يقدر بمدة ولا ضمان على العامل إلا بعدوان وإذا حصل ربح

tidak ditentukan dengan waktu. Dan tidak menanggung atas karyawan  kecuali permusuhan. Dan jika berhasi untung

وخسران جبر الخسران بالربح.

dan rugi, maka di perbaiki kerugian dengan keuntungan.

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 25

Wallahu A'lam Bish-Showab