Sabtu, 10 September 2016
Terjemahan Matan Al-Ghyah Wat-Taqrib Bagian 19
√ ILA'
《فصل》 وإذا حلف ألا يطأ زوجته مطلقا أو مدة تزيد على أربعة أشهر
《Fashal》 dan ketika seorang suami bersumpah tidak akan menjima' istrinya secra mutlak tau dalam waktu tertentu, ditambah atas empat bulan,
فهو مول ؟ ويؤجل له إن سألت ذلك أربعة أشهر ثم يخير بين الفيئة
maka dia adalah orang yang melakukan sumpah ila' pada istrinya ? Dan wajib menangguhkan pada laki-laki yang melakukan sumpah ila' jika istri yang meminta hal itu selama empat bulan. Kemudian setelah masa tenggang habis, maka suami di biarkan memilih diantara kembali pada istri
والتفكير والطلاق فإن امتنع طلق عليه الحاكم.
dan membayar kafarat dan menthalak istrinya, maka jika suami tidak mau melakukan untuk kembali pada istrinya, maka hakim menjatuhkan thalaq raj'i.
√ DHIHAR
《فصل》 والظهار أن يقول الرجل لزوجته 《أنت علي كظهر أمي》
《Fashal》 dan zhihar adalah jika aeorang laki-laki mengatakan kepada istrinya 《engkau atasku seperti punggung ibuku》
فإذا قال لها ذلك ولم يتبعه بالطلاق صار عائدا ولزمته الكفارة
Maka jika suami mengatakan hal itu pada istrinya dan suami tidak melanjutkan dengan thalaq, maka suami menjadi kembali pada iatrinya dan di wajibkan membayar kafart.
√ KAFARAR DHIHAR
والكفارة عتق رقبة مؤمنة سليمة من العيوب المضرة بالعمل والكسب
Dan kafrat zhihar adalah memerdekakan budak yang mukmin yang selamat dari aib yang mengganggu dengan pekerjaan dan keuntungan.
فإن لم يجد فصيام شهرين متتابعين فإن لم يستطع فإطعام ستين
Maka jika orang yang melakukan zhihar tidak mendapatkan budak, maka wajib berpuasa dua bulan berturut-turut. Maka jika tidak mampu melakukan puasa dua bulan berturut-turut, maka wajib memberikan makan pada enam puluh
مسكينا كل مسكين مد ولا يحل للمظاهر وطؤها حتى يكفر.
orang miskin, setiap satu orang miskin 1 mut dari jenis biji-bijian. Dan seorang laki-laki yang melakukan zhihar tidak halal bersenggama dengan istrinya sehingga melaksanakan kafarat.
√ MENUDUH ISTRINYA MELAKUKAN ZINA
《فصل》 وإذا رمى الرجل زوجته بالزنا فعليه حد القذف إلا أن يقيم
《Fashal》 dan jika seorang laki-laki melemparkan tuduhan kepada istrinya dengan zina maka maka wajib atasnya untuk menerima delapan kali cambukan kecuali jika laki-laki yang menuduh zina menemukan
البينة أو يلاعن
bukti atas perbuatan zina wanita yang ia tuduh.
√ PROSES PELAKSANAAN LI'AN
فيقول عند الحاكم في الجامع على المنبر في جماعة من الناس
Maka laki-laki itu berkata di hadapan hakim dalam masjid jami' di atas mimbar dari manusia minimal empat orang :
أشهد بالله إنني لمن الصادقين فيما رميت به زوجتي فلانة من الزنا
Aku bersaksi demi Allah sesungguhnya aku termasuk golongan orang yang jujur ketika aku lemparkan tuduhan dengannya kapada istriku fulan dari melakukan zina
وإن هذا الولد من الزنا وليس مني أربع مرات ويقول في المرة
Dan sesungguhnya anak ini hasil dari zina bukan dari saya, maka kalimat ini harus di ucapkan sebanyak empat kali. Dan perkataan dalam tahapan
الخامسة بعد أن يعظه الحاكم وعلي لعنة الله إن كنت من الكاذبين
kelima setelah hakim jika menashihati dengan memperingtkan atas siksaan Allah di akhirat, maka sumi berkata : dan saya berhak atas laknat Allah jika saya termasuk dari orang-orang yang berbohong,
ويتعلق بلعانة خمسة أحكام سقوط الحد عنه ووجوب الحد عليها
Dan berkenaan dengan li'an ada lima hukum yaitu : gugurnya had dari suami. Dan wajib hukum had atas istri.
وزوال الفراش ونفي الولد والتحريم إلى الأبد
Dan hilangnya hubungan suami istri. Dan memutus hubungan anak dari auami. Mengharamkan istri untuk bersumpah li'an untuk selama-lamanya.
√ LI'ANNYA ISTRI
ويسقط الحد عنها بأن تلتعن فتقول أشهد بالله إن فلانا هذا لمن
Dan gugurnya had zina dari istri dengan cara istri membalas umpah li'an. Dalam li'annya dan suami hadir maka istri berkata : saya bersaksi demi Allah sesungguhnua fulan ini telah termasuk darin
الكاذبين فيما رماني به من الزنا أربع مرات وتقول في المرة الخامسة
orang-orang yang berbohong ketika melempar tuduhan kepadaku dengannya dari melakukan zina. maka kalimat ini harus di ucapkan sebanyak empat kali. Dan Dan perkataan dalam tahapan kelima
بعد أن يعظها الحاكم وعلى غضب الله إن كان من الصادقين.
setelah hakim jika menashihati dengan memperingtkan atas kemurkaan Allah di akhirat, maka iatri berkata : dan saya berhak mendapatkan atas murka Allah jika suamiku termasuk orang-orang yang jujur atas tuduhan zina yang telah di lemparkan kepadaku.
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 34
√ WANITA YANG MENJALANKAN 'IDDAH
《فصل》 والمعتدة على ضربين متوفى عنها وغير متوفى عنها فالمتوفى
《Fashal》 dan wanita MU'TADDA ada dua macam yaitu : wanita yang di tinggal mati dari suaminya. Dan wanita yang tidak di tinggal mati dari suaminya. Maka wanita yang ditinggal mati
عنها إن كانت حاملا فعدتها بوضع الحمل وإن كانت حائلا فعدتها
dari suaminya, jika berstatus merdeka dan sedang hamil, maka 'iddahnya adalah dengan melahirkan kandungan secara utuh. Dan jika tidak terhalang dari kehamilan, maka 'iddahnya adalah
أربعة أشهر وعشر وغير المتوفى عنها إن كانت حاملا فعدتها بوضع
empat bulan sepuluh hari sepuluh malam. Dan wanita yang tidak di tinggal mati dari suami, jika dalam keadaan hamil, maka 'iddahnya dengan melahirkan
الحمل وإن كانت حائلا وهي من ذوات الحيض فعدتها ثلاثة قروء
kandungan. Dan jika tidak terhalang dari kandungan dan dia termasuk wanita yang memungkinkan haidh, maka 'iddahnya adalah tiga kali quru'
وهي الإطهارة وإن كانت صغيرة أو آيسة فعدتها ثلاثة أشهر والمطلقة
dan dia adalah tiga kali suci. Dan Mu'taddah Ghairu Mutawaffa 'Anha Zaujuha, jika masih kecil atau bingung akan haidh dan sucinya, maka 'iddahnya adalah tiga bulan sejak suaminya meninggal. Dan wanita yang terthalaq
قبل الدخول بها لا عدة عليها
sebelum sempat di jima' dengan suaminya, maka tidak ada kewajiban 'iddah pada wanitantersebut.
√ 'IDDAHNYA BUDAK WANITA
وعدة الأمة بالحمل كعدة الحرة وبالإقراء أن تعتد بقرأين وبالشهور
Dan 'iddahnya budak yang sedang hamil ketika terthalaq raj'i atau ba'in adalah dengan melahirkan kandungan. Seperti 'iddahnya wanita merdeka dan dengan beberapa suci untuk melaksanakan 'iddah dengan dua kali suci. Dan dengan perhitungan bulan
عن الوفاة أن تعتد بشهرين وخمس ليال وعن الطلاق أن تعتد بشهر
dari sebab di tinggal mati suaminya untuk melakukan 'iddahnya dengan dua bulan lima hari lima malam. Dan dari thalaq untuk melakukan 'iddahnya dengan satu bulan
ونصف فإن اعتدت بشهرين كان أولى.
setengah, maka jika budak wanita itu melaksanakan 'iddahnua dengan dua bulan, maka hal itu lebih utama.
√ WANITA WAJIB MENJALANKAN 'IDDAH DI RUMAH
《فصل》 ويجب للمعتدة الرجعية السكني والنفقة ويجب للبائن
《Fashal》 dan wajib pada wanita yang di thalaq raj'i untuk melakukan 'iddah di tempat tinggalnya dan nafkah. Dan wajib pada wanita yang di thalaq ba'in
السكني دون النفقة إلا أن تكون حاملا ويجوز على المتوفى عنها زوجها
untuk melakukan 'iddah di tempat tinggalnya tanpa ada nafkah kecuali jika ada wanita itu sedang hamil. Dan wajib atas wanita yang di tinggal mati dari suaminya
الإحداد وهو الامتناع من الزينة والطيب وعلى المتوفى عنها زوجها
yang sedang berduka dan dia adalah untuk menahan diri dari berhias dan dari memakai wewangian dan atas ditinggal mati dari suaminya
والمبتوتة ملازمة البيت إلا لحاجة.
Dan harus melakukan 'iddah di rumahnya kecuali ada keperlua.
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 35
Wallahu A'lam Bish-Showab