Kamis, 08 September 2016
Terjemahan Matan Al-Ghyah Wat-Taqrib Bagian 13
√ HUKUM JUAL BELI DAN TRANSAKSI
كتاب البيوع وغيرها من المعاملات
Kitab Jual Beli Dan Selainnya Dari Transaksi
البيوع ثلاثة أشياء : عين مشاهدة فجائز، وبيع شيء
Jual beli ada tiga perkara yaitu : Jual beli barang yang kelihatan dari penjual dan pembeli, maka hukumnya boleh. Dan jual beli suatu barang
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 21
موصوف في الذمة فجائز إذا وجدت الصفة على ما وصف به، وبيع
yang menyebutkan sifatnya dalam tanggungan, maka hukumnya boleh, jika mendapatkan sifat atas apa yang telah disebutkan sifat dengannya. Dan jual beli
غائبة لم تشاهد فلا يجوز. ويصح بيع كل طاهر منتفع به مملوك،
barang ghaib yang tidak dapat disaksikan, maka tidak boleh. Dan sah menjual semua barang suci yang bisa diambil manfaatnya dengan barang suci itu dapat dimiliki.
ولا يصح بيع عين نجسة، ولا ما لا منفعة فيه.
Dan tidak sah menjual barang najis dan barang yang tidak ada manfaat didalamnya.
√ RIBA
《فصل》 والربا في الذهب والفضة والمطعومات ولا يجوز بيع الذهب
《Fashal》 dan riba dalam emas dan perak dan makanan. Dan tidak boleh jual beli emas
بالذهب والفضة كذلك إلا متماثلا نقدا ولا بيع ما ابتاعه حتى يقبضه
dengan emas dan begitu juga perak dengan perak, kecuali yang serupa berat timbangannya dan kontan. Dan tidak boleh menjual apa yang telah dibelinya sehingga barang itu digenggamnya.
ولا بيع اللحم بالحيوان ويجوز بيع الذهب والفضة متفاضلا نقدا وكذلك
Dan tidak boleh menjual daging dengan hewan. Dan boleh menjual emas dengan perak yang tidak serupa beratnya dan kontan. Dan begitu juga
المطعومات لا يجوز بيع الجنس منها بمثله إلا متماثلا نقدا ويجوز بيع
makanan, tidak boleh menjual satu jenis darinya dengan yang menyerupainya kecuali serupa ukuran atau takarannya dan kontan. Dan boleh menjual
الجنس منها بغيره متفاضلا نقدا ولا يجوز بيع الغرر.
satu jenis dari makanan dengan selain makanan yang tidak serupa dan kontan. Dan tidak boleh menjual barang yang masih gharar.
√ PEMBELI BOLEH MEMILIH
《فصل》 والمتبايعان بالخيار ما لم يتفرقا ولهما أن يستوطئا الخيار
《Fashal》 dan dua orang yang melakukan akad jual beli boleh melakukan dengan memilih selama keduanya belum berpisah, dan ke dua orang yang melakukan akad jual beli, diperbolehkan untuk memberi syarat memilih
إلى ثلاثة أيام وإذا وجد بالمبيع عيب فللمشتري رده ولا يجوز بيع
sehingga tiga hari. Dan jika pada barang yang dijual ditemukan cacat, maka pembeli di perkenankan untuk mengembalikannya. Dan tidak boleh menjual
الثمرة مطلقا إلا بعد بدو صلاحها ولا بيع ما فيه الربا بجنسه رطبا
buah dengan pohonnya secara mutlak kecuali setelah nampak kebaikan dari buah tersebut. Dan tidak boleh menjual barang ribawi dengan sejenisnya yang masih dalam keadaan bash
إلا اللبن.
kecuali susu.
√ AKAD SALAM
《فصل》 ويصح السلم حالا ومؤجلا فيما تكامل فيه خمس شرائط
《Fashal》 dan akad salam hukumnya sah dengan cara kontan atau tempo pada barang yang memenuhi lima syarat yaitu :
أن يكون مضبوطا بالصفة وأن يكون جنسا لم يختلط به غيره ولم
Jika ada barang itu dapat dipastikan keadaannya dengan sifat. Dan jika ada barang itu adalah sejenis barang yang tidak bercampur aduk dengan jenis-jenis lainnya. Dan barang itu tidak
تدخله النار لإحالته وأن لا يكون معينا ولا من معين
diproses dengan api untuk diubahnya dan keadaan mentah menjadi masak artinya tidak dimasak. Dan barang itu bukan yang ditentukan. Dan arang itu bukan sebagian dari barang yang ditentukan.
√ SYARAT SAHNYA BARANG PESANAN
ثم لصحة السلم فيه ثمانية شرائط وهو أن يصفه بعد ذكر جنسه ونوعه
Kemudian untuk menjadi sahnya barang yang dipesan ada delapan syarat yaitu : barang yang dipesan harus diberi sifatnya setelah menyebutkan jenis dan macamnya
بالصفات التي يختلف بها الثمن وأن يذكر قدره بما ينفي الجهالة عنه
dengan sifat-sifat yang dapat mempengaruhi dengan harga barang itu dari yang lain. Dan harus menyebutkan kadar ukuran atau takarannya dengan keterangan yang dapat menghilangkan ketidak jelasan dari barang.
وإن كان مؤجلا ذكر وقت محله وأن يكون موجودا عند الاستحقاق
Dan jika ada pesanan barang yang dilakun dengan tempo, maka orang yang melakukan akad harus menyebutkan waktu jatuh temponya. Dan jika ada penerimaan barang menurut pada keasaannya, maka barang itu
في الغالب وأن يذكر موضع قبضه وأن يكون الثمن معلوما وأن
harus ada pada waktu yang dijanjikan. Dan jika menyebutkan tempat penerimaan barang pesanan. Dan harus diketahui harganya . Dan orang
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 22
يتقابضا قبل التفرق وأن يكون عقد السلم ناجزا لا يدخله خيار الشرط.
yang memesan dan orang yang menerima pesanan harus melakukan serah terima sebelum berpisah. Dan jika ada akad pemesanan harus dilakukan secara langsung, maka tidak berlaku khiyar bersyarat pada akad salam.
√ HUKUM GADAI
《فصل》 وكل ما جاز بيعه جاز رهنه في الديون إذا استقر ثبوتها
《Fashal》 dan setiap sesuatu yang boleh dijualnya, maka boleh digadaikan dalam jaminan hutang. Jika hutang tersebut sudah menjadi tetap
في الذمة وللراهن الرجوع فيه ما لم يقبضه ولا يضمنه المرتهن
dalam tanggungan. Dan bagi si pegadai boleh menarik kembali barang yang di gadainya selama belum diterima oleh penerima gadaian. Dan orang yang menerima gadai tidak wajib mengganti barang gadaian
إلا بالتعدي وإذا قبض بعض الحق لم يخرج شيء من الرهن
kecuali orang yang menerima gadai ceroboh di dalam menjaganya. Dan jika penerima gadai telah menerima sebagian dari uang penebusan yang masih menjadi tanggungan orang yang mengadaikan, maka tidak akan keluar suatu barang dari pegadaian
حتى يقضى جميعه.
sehingga si pegadai memenuhi semua hak penerima gadaian.
√ LARANGAN MEMBELANJAKAN UANG
《فصل》 والحجر على ستة الصبي والمجنون والسفيه المبذر لماله
《Fashal》 dan mencegah membelanjakan harta atas enam orang yaitu : anak-anak dan orang gila dan orang bodoh yang memboroskan pada hartanya
والمفلس الذي ارتكبته الديون والمريض فيما زاد على الثلث والعبد
Dan orang bangkrut yang melakukan banyak hutang dan orang sakit yang dikhawatirkan meninggal, maka orang yang sakitnseperti ini di hijr dalam hartanya yang lebih atas sepertiga harta yang dimiliki dan hamba sahaya
الذي لم يؤذن له في التجارة وتصرف الصبي والمجنون والسفيه
yang tidak di izinkan kepadanya dalam berdagang. Dan pembelanjaan anak-anak dan orang gila dan orang safih
غير صحيح وتصرف المفلس يصح في ذمته دون أعيان ماله وتصرف
hukumnya tidak sah. Dan pembelanjaan orang yang bangkrut hukumnya sah dalam tanggungannya sendiri tanpa pembelanjaan hartanya yang sedang diawasi. Dan pembelanjaan
المريض فيما زاد على الثلث موقوف على إجازة الورثة من بعده
orang yang sakit dalam jumlah lebih besar dari sepertiga hartanya, maka diserahkan atas izin ahli warisnya dari setelah kematiannya.
وتصرف العبد يكون في ذمته يتبع به إذا عتق.
Dan pembelanjaan budak tanpa izin tuannya adalah tidak sah dan segala akibatnya menjadi dalam tanggungan sendiri, ia akan dituntut sendiri setelah merdeka, jika dalam pembelanjaannya merusak sesuatu.
√ AKAD DAMAI
《فصل》 ويصح الصلح مع الإقرار في الأموال وما أفضي إليها وهو
《Fashal》 akad damai sah di sertai dengan pengakuan dalam harta dan sesuatu yang mengantar kepadanya. Dan akad damai
نوعان إبراء ومعارضة فالإبراء اقتصاره من حقه على بعضه ولا يجوز
ada dua macam yaitu : membebaskan dan mengganti. Maka yang dimaksud pembebasan adalah membatasi dari haknya atas sebagian hak yang harus di terimanya. Dan tidak boleh
تعلقه على شرط والمعارضة عدوله عن حقه إلى غيره ويجري عليه
menggantung haknya atas syarat. Dan yang dimaksud mengganti adalah berpindah dari haknya pada barang lain. Dan akad damai ini berlaku atas
حكم البيع ويجوز للإنسان أن يشرع روشنا في طريق نافذ بحيث
hukum jual beli. Dan dibolehkan pada orang islam untuk kayu yang ada di tembok sehingga berada pada jalan umum dengan syarat
لا يتضرر المار ولا يجوز في الدرب المشترك إلا بإذن الشركاء ويجوز
tidak mengganggu orang yang berjalan di bawahnya. Dan tidak boleh mengeluarkan pintu gerbang milik orang banyak kecuali dengan izin serikatnya. Dan boleh
تقديم الباب في الدرب المشترك ولا يجوز تأخيره إلا بإذن الشركاء.
memajukan posisi pintu rumah dalam gerbang milik orang banyak dan tidak boleh memundurkan pintu gerbang milik orang banyak kecuali dengan izin serikatnya.
√ SYARAT HIWALAH
《فصل》 وشرائط الحوالة أربعة أشياء رضاء المحيل وقبول
《Fashal》 dan syarat hiwalah ada empat perkara : relanya yang mindah. Dan penerimaan
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 23
المحال وكون الحق مستقرا في الذمة وإنفاق ما في ذمة المحيل
yang dipindah. Dan keadaan hak masih dalam tanggungan. Dan kesepakatan dalam tanggungan yang mindah,
والمحال عليه في الجنس والنوع والحلول والتأجيل وتبرأ بها ذمة
dan yang menerima pindahan atasnya dalam jenis dan macam dan jatuh tempo dan segera. Dan membebaskan dengannya tanggungan itu
المحيل.
adalah hak yang memindahkan hutang.
KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 24
Wallahu A'lam Bish-Showab