Senin, 12 September 2016

Terjemahan Matan Al-Ghyah Wat-Taqrib Bagian 26






√ HUKUM KALIMAT SUMPAH





كتاب الأيمان والنذور

Kitab Iman Dan Nadzar

لا ينعقد اليمين إلا بالله تعالى أو باسم من أسمائه أو صفة من صفات

Tidak menyetujui sumpah kecuali dengan lafazh Allah Ta'ala, seperti ucapan sumpah dengan lafadz Allah : DEMI ALLAH. atau dengan salah satu nama dari nama-nama-Nya, seperti ucapan sumpah dengan Nama Allah : KHALIQUL KHALQI. atau salah satu sifat dari sifat-aifat

ذاته

Dzat-Nya.

√ ORANG YANG BERSUMPAH

ومن حلف بصدقة ماله فهو مخير بين الصدقة وكفارة اليمين

Dan barangsiapa bersumpah dengan menyedekahkan hartanya, maka orang yang bersumpah atau bernadzar di bolehkan memilih antara bersedekah atau membayar kafarat sumpah

ولا شيء في لغو اليمين ومن حلف أن لا يفعل شيئا فأمر غيره بفعله

Dan tidak ada kewajiban sesuatu dalam aumpahnyangbtidak jadi. Dan barangsiapa yang bersumpah tidak akan melakukan sesuatu, maka ia memerintahkan orang lain dengan melakukannya

لم يحنث ومن حلف على فعل أمرين ففعل أحدهما لم يحنث

maka orang yang bersumpah tidak melanggar sumpahnya. Dan barangsiapa yang beraumpah atas melakukan dua perkara, seperti mengucapkan : Demi Allah aku tidak akan memakai dua baju ini. Maka jika ia melakukan salah satunya, maka ia tidak melanggar sumpah.

√ KAFARAT SUMPAH

وكفارة اليمين هو مخير فيها بين ثلاثة أشياء عتق رقبة مؤمنة

Dan kafarar sumpah adalah orang yang bersumpah ketika melanggar, maka ia di bolehkan memilih didalamnya di antara tiga perkara : memerdekakn budak yang mukmin

أو إطعام عشرة مساكين كل مسكين مد أو كسوتهم ثوبا ثوبا

atau memberi makan makan sepuluh orang miskin, masing-masing satu mud atau memberi pakaian kepada mereka pada masing-masing dari orang-orang miskin.

فإن لم يجد فصيام ثلاثة أيام.

Maka jika orang yang membayar kafarat tidak mendapatkan, maka melakukan berpuasa tiga hari.

√ MACAM-MACAM NADZAR

《فصل》 والنذر يلزم في المجازاة على مباح وطاعة كقوله إن شفى

《Fashal》 dan nadzar menjadi wajib dalam Nadzar Al-Mujazati atas perkara yang mubah dan nadzar keta'atan seperti ucapannya, jika Allah menyembuhkan

الله مريضي فلله علي أن أصوم أو أتصدق ويلزمه من ذلك

sakitku maka Allah berhak atas diriku untuk berpuasa atau bersedekah, dan wajib padanya dari hal itu

ما يقع عليه الاسم

untuk melaksanakan sesuatu yang meliputi atas nama nadzar.

√ NADZAR KEMAKSIATAN

ولا نذر في معصية كقوله إن قتلت فلانا فلله علي

Dan tidak ada nadzar dalam kemaksiatan seperti ucapannya : jika aku membunuh pulan dengan tanpa alasan yang benar, maka Allah berhak atas diriku

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 44

كذا ولا يلزمه على ترك مباح كقوله لا آكل لحما ولا أشرب لبنا

Demikian, tidak sah nadarnya atas meninggalkan perkara yang boleh, seperi ucapannya : aku tidak akan memakan daging dan tidak akan meminum susu

وما أشبه ذلك.

dan tidak akan memakainya ini.

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 45

Wallahu A'lam Bish-Showab