Selasa, 13 September 2016

Terjemahan Matan Al-Ghyah Wat-Taqrib Bagian 27






√ SAYARAT MENETAPKAN KEPUTUSAN






كتاب الأقضية والشهادات

Kitab Hukum dan Persakaian

ولا يجوز أن يلي القضاء إلا من استكملت فيه خمس عشرة خصلة :

Dan tidak boleh untuk menjatuhka hukum kecuali orang yang menyelesaikan di dalamnya lima belas hal yaitu :

الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورة والعدالة ومعرفة أحكام

Islam. Dan sudah baligh. Dan berakal dan merdeka. Dan laki-laki. Dan 'adil. Dan mengetahui hukum-hukum

الكتاب والسنة ومعرفة الإجماع ومعرفة الاختلاف ومعرفة طرق

dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah. Dan mengetahui ijma'. Dan mengetahui perbedaan pendapat yang terjadi diantra ulama'. Dan mengetahui cara-cara

الاجتهاد ومعرفة طرف من لسان العرب ومعرفة تفسير كتاب الله تعالى

Ijtihad. Dan mengetahui bagian dari bahasa Arab dan mengetahui tafsir kitabullah Ta'ala.

وأن يكون سميعا وأن يكون بصيرا وأن يكون كاتبا وأن يكون مستيقظا

Dan jika ada keputusan bisa mendengar. Dan jika ada keputusan bisa melihat. Dan jika ada keputusan bisa menulis. Dan jika ada keputusan kuat ingatannya.

√ ETIKA SEORANG HAKIM

ويستحب أن يجلس في وسط البلد في موضع بارز للناس ولا حاجب

Dan seorang Qadhi' di sunahkan untuk duduk dalam tengan daerah ketika batas daerahnya luas dan duduknya Qadhi' di tempat yang jelas pada manusia dan tidak ada pembatas

له ولا يعقد للقضاء في المسجد

padanya dan pada Qadhi' tidak duduk dalam masjid ketikan memutuskan hukum.

√ WAJIB BAGI SEORANG HAKIM

ويسوي بين الخصمين في ثلاثة أشياء في المحل واللفظ واللحظ

Dan seorang Qadhi' wajib menyamaratakan diantra kedua belah pihak yang lagi berseteru dalam tiga perkara yaitu : menyamaratakan dalam tempat duduk. Menyamartakan dalam lafazh. Menyamaratakan dalam pandangan.

√ HADIAH UNTUK SEORANG HAKIM

ولا يجوز أن يقبل الهدية من أهل عمله

Dan seorang Qadhi' tidak boleh untuk menerima hadiyah dari ahli penduduk yang ada di daerah kekuasaannya.

√ MAKRUH BAGI SEORANG HAKIM

ويجتنب القضاء في عشرة مواضع عند الغضب والجوع والعطش

Dan seorang Qadhi' harus menjauhi dalam sepuluh keadaan yaitu ketika marah. Dan ketika lapar dan kenyang. Dan ketika haus.

وشدة الشهوة والحزن والفرح المفرط وعند المرض الأخبثين وعند

Dan ketika kuat syahwatnya. Dan ketika sedih. Dan ketika gembira yang berlebihan. Dan ketika sakit yang menyakitkan badan . Dan ketika

النعاس وشدة الحر والبرد

menahan dua hal yang menjijikan yaitu kencing dan berak. Dan ketika cuaca sangat panas dan sangat dingin.

√ PENGADILAN

ولا يسأل المدعي عليه إلا بعد كمال الدعوى ولا يحلفه إلا بعد سؤال

Dan seorang Qadhi' wajib untuk tidak bertanya penuntut duduk pada hadapan Qadhi' kecuali setelah sempurna orang yang di tuduh. Dan Qadhi' tidak boleh menyumpahnya pada orang yang tertuduh kecuali setelah ada permintaan

المدعي ولا يلقن خصما حجة ولا يفهمه كلاما ولا يتعنت بالشهداء

dari penuntut perkara pada Qadhi' untuk menyumpah terdakwah. Dan Qadhi' tidak boleh mengajarkan argumen pada orang yang berseteru. Dan Qadhi' tidak boleh mengajarkan bagaimana caranya menuntut. Dan Qadhi' tidak boleh memperaulit saksi-saksi.

ولا يقبل الشهادة إلا ممن ثبتت عدالته ولا تقبل شهادة عدو ولا شهادة

Dan Qadhi' tidak boleh menerima persaksian kecuali dari orang yang telah ditetapkan keadilannya. Dan Qadhi' tidak boleh menerima persaksian seseorang muauh. Dan Qadhi' tidak boleh menerima persaksian

والد لوالده ولا يقبل كتاب قاض

seorang anak untuknorang tuanya sendiri. Dan Qadhi' tidak boleh menerima surat Qadhi'

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 45

إلى قاض آخر في الأحكام إلا بعد شهادة شاهدين يشهدان بما فيه.

kepada Qadhi' yang lain dalam urusan memutuskan hukum kecuali setelah ada persaksian dua saksi yang bersaksi dengan apa yang terdapat didalam surt tersebut.

√ SYARAT PEMBAGIAN HAK

《فصل》 ويفتقر القاسم إلى سبع شرائط الإسلام والبلوغ والعقل

《Fashal》 dan orang yang membagi dibutuhkan pada tujuh syarat yaitu : islam. Dan sudah baligh. Dan berakal.

والحرية والذكورة والعدالة والحساب فإن تراضى الشريكان بمن يقسم

Dan merdeja. Dan laki-laki. Dan 'adil. Dan pandai menghitung. Maka jika dua orang yang beraekutu rela dengan orang yang akan membagi harta yang di sekutukan,

لم يفتقر إلى ذلك

maka orang yang membaginya tidak membutuhkan pada hal tersebut yakni pada syarat yangbtelah di jelaskan.

√ TATACARA MENGUNDIAN

وإن كان في القسمة تقويم لم يقتصر فيه على أقل من اثنين

Dan jika ada dalam pembagian terdapat pengkalkulasian harga, maka dalam pembagian harta atas kurang dari dua orang.

وإذا دعا أحد الشريكين إلى قسمة ما لا ضرر فيه لزم الآخر إجابته.

Dan jika salah satu dri dua orang yang bersekutu mengajak yang lainnya pada pembgian apa yang tidak ada yang di rugikan di dalamnya, maka bagi yang lainnya wajib memenuhinya.

√ SAKSI

《فصل》 وإذا كان مع المدعي بينة سمعها الحاكم له بها وإن لم تكن

《Fashal》 dan jika ada pendakwah bersama saksi, maka hakim harua mendengarkan padanya. Dan jika pendakwah tidak ada

بينة فالقول قوله المدعي عليه بيمينه فإن نكل عن اليمين ردت

saksi, maka ucapan yang di terima adalah ucapan terdakwah atas dengan sumpahnya. Maka jika menolak dari melakukan sumpah

على المدعي فيحلف ويستحق وإذا تداعيا شيئا في يد أحدهما

atas terdakwah, maka pendakwah melakukan sumpah dan berhak mendapatkan yang di dakwakan. Dan jika ada yang saling menuntut atas sesuatu yang ada pada tangan salah satu dari mereka,

فالقول قول صاحب اليد بيمينه وإن كان في يديهما تحالفا وجعل

Maka ucapan yang di terima adalah ucapan orang yang memegangnya dengan melakukan sumpahnya. Jika ada dalam tangan keduanya yang bersekutu, dan melakukan sumpah

بينهما ومن حلف على فعل نفسه حلف على البت والقطع ومن حلف

diantara keduanya. Dan barangsiapa yang bersumpah atas perbuatan dirinya, maka ia harus bersumpah Al-Batti Wal Qath'i. Dan barang siapa yang bersumpah

على فعل غيره فإن كان إثباتا حلف على البت والقطع وإن كان نفيا

atas perbuatan orang lain, maka terdapat perincian dalam hal ini yaitu : maka jika ada sumpahnya adalah menetapkan, maka ia bersumpah Al-Batti Wal Qth'i dan jika ada sumpahnya adalah pengingkaran,

حلف على نفى العلم.

maka ia bersumpah atas tidak tahu.

√ SYARAT SAKSI

《فصل》 ولا تقبل الشهادة إلا ممن اجتمعت فيه خمس خصال الإسلام

《Fashal》 dan persaksian tidak dapat di terima kecuali dari orang yang terkumpul di dalamnya lima kedaan yaitu : islam.

والبلوغ والعقل والحرية والعدالة

Dan sudah baligh. Dan berakal. Dan merdeka. Dan 'Adil.

√ SYARAT ADIL

وللعدالة خمس شرائط أن يكون مجتنبا للكبائر غير مصر على القليل

Dan 'Adil memiliki lima syarat yaitu : jika ada orang yang adil harus menjauhi pada perbuatan dosa besar. Dan orang yang adil harus tidak terus menerus melakukan atas yang sedikit

من الصغائر سليم السريرة مأمون الغضب محافظا على مروءة مثله.

dari perbuatan dosa. Dan orang yang dil harus selamat bagian dalam dirinya. Dan orang yang adil harus bisa mengontrol emosi. Dan orang yang adil hrus bisa menjaga harga diri sesamanya.

√ HAK-HAK

《فصل》 والحقوق ضربان حق الله تعالى وحق الآدمي

《Fashal》 dan hak ada dua macam yaitu : hak Allah Ta'ala. Dan hak anak adam.

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 46

√ HAK ANAK ADAM

فأما حقوق الآدميين فثلاثة أضرب ضرب لا يقبل فيه شاهدان ذكران

Maka adapun hak anak adam ada tiga macam yaitu : hak yang tidak dapat di terima di dalamnya kecuali dengan dua saksi laki-laki,

وهو ما لا يقصد منه المال ويطلع عليه الرجال وضرب يقبل فيه شاهدان

adalah hak yang tidak di maksudkan dari harta dan nampak atas seirang laki-laki. Dan bagian yang lain akan menerima di dalamnya pada dua orang saksi

أو رجل وامرأتان أو شاهدتان ويمين المدعي وهو ما كان القصد منه

atau satu orang laki-laki pada dua perkara atau dua saksi yang di sertai dengan sumpah pendakwah, dan dia adalah apa yang ada pada maksud dari

المال وضرب يقبل فيه رجل وامرأتان أو أربع نسوة وهو ما لا يطلع

harta. Dan bagian yang lain akan menerima di dalamnya seorang laki-laki pada dua perkara tau emapat seorang perempuan, dan dia adalah apa yang tidak tampak

عليه الرجال

atas seorang laki-laki.

√ HAKNYA ALLAH

وأما حقوق الله تعالى فلا تقبل فيه النساء وهي ثلاثة أضرب ضرب

Dan adapun hak-hak Allah Ta'ala, maka seorang perempuan tidak dapat di terima di dalamnya, dan dia adalah ada tiga macam yaitu : bagian pertama adalah

لا تقبل فيه أقل من أربعة وهو الزنا وضرب يقبل فيه اثنان وهو ما

Seorang laki-laki di dalamnya kurang dari empat, dan dia adalah pelaku zina. Dan bagian yang lain adalah hak yang dapat di terima di dalamnya dengan dua orang laki-laki, dan dia adalah apa

سوى الزنا من الحدود وضرب يقبل فيه واحد وهو هلال رمضان

selain perbuatan zina dari hudud. Dan bagian yang lain adalah hak Alalh yang dapat menerima di dalamnya dengan satu orang, dan dia adalah penentuan hilal pada bulan Ramadhan.

√ SAKSI BUTA

ولا تقبل شهادة الأعمى إلا في خمسة مواضع الموت والنسب والملك

Dan tidak dapat di terima persaksian orang buta kecuali dalam lima tempat yaitu : seperti kematian dan nashab bagi laki-laki. Dan seperti status malik

المطلق والترجمة وما شهد به قبل العمى وعلى المضبوط ولا تقبل

yang mutlak dan terjemah pada satu ucapan. Dan apa yang di saksikan dengannya sebelum buta. Dan ia bersaksi atas orang yang di pegang. Dan tidak dapat di terima

شهادة جاو لنفسه نفعا ولا دافع عنها ضررا.

persaksian yang menarik dirinya untuk kemanfaatan. Dan persaksian orang yang tidak melindungi bahaya darinya.

KITAB MATAN AL-GHAYAH WAT-TAQRIB HALAMAN 47

Wallahu A'lam Bish-Ahowab